Backpacker Murah ke Thailand : Hari Pertama di Bangkok (Chatuchak Weekend Market)

Akhirnya, kesampean ke Thailand

Hampir sekitar dua tahun lamanya, impian sederhana gue untuk mencicipi bermain ke negara Thailand, akhirnya bisa kesampean juga. Impian sih, boleh sederhana, tapi untuk urusan planning, ga bisa dibuat sederhana juga, minimal harus direncanakan se-detail mungkin, biar mudah ketika nanti di sananya. Tugas pertama yang gue kerjain pada trip kali ini adalah soal hunting tiket pesawat. Lumayan PR, sih, gue harus giat dan getol berarti, pfft. Setelah ngalor-ngidul ke beberapa situs pemesanan tiket pesawat & hotel online, akhirnya gue dapet dengan harga dan schedule yang cocok. Harga Rp. 3.100.000,- dengan rincian ; tiket pulang-pergi untuk 2 pax dan hotel 1 malam. Hemmm, lumayan, ga terlalu miring, ga terlalu tinggi juga. Petualangan gue di negeri tetangga kali ini akan ditemani oleh pacar gue, sekaligus sebagai partner perjalanan, biar kita bisa bagi-bagi tugas, itu tujuannya, ya walau sebenarnya ada sesuatu lainnya yang mendorong gue untuk melakukan ini berdua. Kalian pasti paham.

Setelah masa-masa galau hunting tiket pesawat terlewati, sekarang gilirannya untuk membuat rundown. Gue harus bikin rundown untuk durasi trip selama 6 hari, durasi trip yang terbilang ga begitu singkat dan ga terlalu lama juga. Katanya, sih, pas. Baiklah, coba gue susun per-harinya, mulai dari hari pertama dulu, lalu kedua, setelah itu ketiga, dan seterusnya. Sambil menunggu, gue mau ke mana aja nantinya, hal pertama yang udah tergambar di pikiran gue adalah, "Hari pertama, gue harus cobain wisata kuliner dan jajanan malam di Bangkok", sepertinya itu mudah, kita coba dulu yang ini. Setelahnya? lihat nanti aja.

Ini harinya, pagi itu dari Jakarta

Pagi itu, hari Minggu 15 April 2018 sekitar pukul 05.30 WIB, kami sudah nangkring manis di Bandara Soekarno-Hatta. Kenapa sepagi itu? karena flight kami pagi, pukul 07.15 WIB! wkwk.

Senyum semringah gue pun akhirnya keluar setelah beres boarding, tandanya trip kali ini akan terjadi dalam waktu yang sangat dekat, dan gue tinggal duduk manis sampai waktu take-off tiba, lalu sampai.

Pukul 06.35 WIB, kami mulai memasuki pesawat dengan menggemblok rasa "ketidaksabaran" kami untuk cepat-cepat tiba di negara tujuan, Thailand! Ga terlalu lama menunggu di kabin, pukul 07.15 WIB, pesawat dikit demi sedikit mulai meninggalkan daratan pada saat itu, lalu mengudara jauh. Bismillah, semoga direstui, Aamiin.

Thailand, ini tuh pijakkan pertama

Hari Minggu, 15 April 2018 itu di Bangkok, pukul 10.55 waktu setempat, kalo boleh dibilang itu adalah pijakkan pertama gue di negara ini, di awali di Bandara Don Mueang, Alhamdulillah. Selesai mengurus bagasi, setelah itu kami langsung menuju imigrasi. Sepintas, di sini hampir mirip dengan Jakarta, maklum, kan, tetanggaan kita hehe.

Beres dari imigrasi, tujuan kami berikutnya adalah menuju Hotel Fullrich, hotel yang sudah kami pesan bersamaan dengan tiket pesawat pada waktu lalu. Ada beberapa opsi untuk menuju hotel dari Bandara Don Mueang ini, antara lain ;
  1. Menggunakan bus A1 (Bus bandara atau lebih miripnya itu seperti Damri), tarif sekitar 30THB/Rp. 14.000,-. per orang.  Naik dari pintu keluar Exit 6, setelah itu turun di BTS Mo Chit, dan dilanjutkan lagi dengan menggunakan taksi sampai ke lokasi tujuan dengan tarif sekitar 90THB/Rp. 40.000,- (tarif argo). Jika ditotal, sekitar 150THB atau kurang dari Rp. 70.000,-
  2. Langsung menggunakan taksi menuju hotel dari bandara, tarif 330THB atau sekitar Rp. 150.000,-
Kami memilih opsi yang pertama, karena jelas lebih murah dan hemat. Kami sedari awal memang sudah sepakat untuk menekan budget seminim-minimnya, kalo bisa hehe. Oke, kita meluncur menuju pintu keluar Exit 6, eh, tapi kok ini banyak yang menawarkan simcard perdana/Toursim Sim, kami pun juga lupa, sebenarnya kami memang berencana akan menggunakan ini juga, kebetulan banget, dan ini akhirnya kami beli, dengan harga 300THB atau sekitar Rp.130.000-an dengan akses layanan unlimited, katanya.

Don Mueang Airport - Fullrich Hotel

Setelah simcard sudah terpasang dan koneksi internet sudah tersambung 4G, hati pun senang, akhirnya nanti bisa internetan selama trip, yuhu! Lanjut, lalu kami menuju Exit 6. Sesampainya, kami duduk manis menunggu bus A1. Siang itu cukup panas, hampir ga ada bedanya seperti siang hari di Jakarta.  Tidak lama dari itu, bus pun datang, lalu kami mulai bergegas menaikinya.

Perjalanan menuju BTS Mo Chit pada saat itu terbilang lancar, saking lancarnya, hampir-hampir kami terlena, untung aja, lokasi yang menjadi tujuan tempat berhenti kami tidak terlewat. Sambil memperhatikan jalanan sekitar, kemudian gue bilang pada Si Supir, "Stop!", firasat gue ini BTS Mo Chit seperti yang dikatakan oleh driver-nya, perjalanan kami dengan bus A1 sudah berakhir, dan bus menurunkan kami persis di pinggir jalan raya, yang miripnya kalo dibilang seperti di kawasan Tanah Abang. Setelahnya dari itu, kemudian kami menaiki taksi untuk menuju hotel. Taksi yang kami tumpangi lumayan bagus, atau gue nya yang norak ya? wkwk.

Lama perjalanan sekitar 15 menit dari BTS Mo Chit, akhirnya kami tiba di Fullrich Hotel, dan langsung menuju resepsionis untuk check-in kamar, ternyata belum bisa, karena waktu check-in bisa dilakukan pada pukul 14.00. Hemm, mau ga mau nunggu dulu, siap-siap bete nih, karena kami harus menunggu kurang lebih 2 jam lagi!

Benar saja, bete pun sudah mulai datang, ditambah perut yang mulai keroncongan alias laper. Maklum, udah waktunya jam makan siang. Oke, kita coba sedikit berkelana di daerah sekitaran hotel, siapa tau ada warteg atau rumah makan Padang wkwk. Saat kami berjalan, kami menemui semacam warung. Ini, sih, di Jakarta juga banyak wkwkwk. Jajan dulu, aah.

Ga jauh dari warung tadi, sesampainya pada ujung jalan, kami menemukan beberapa tukang jualan makanan. Kelihatannya, sih,enak, kita coba aja. Laper.

Harga untuk 1 porsinya rata-rata sekitar 40-45THB atau kisaran Rp. 20.000-an. Dengan sedikit perasaan cemas, apakah ini bersih atau engga, halal atau engga, gue bawa pede aja, pura-pura ga tau aja, harus begitu soalnya. Bodo amatttt !

Ga disangka, ternyata gue lahap, coy! ini sih beneran kelaperan wkwkwk. Kalo ditanya soal rasa, biasa aja, ga terlalu enak, masih enakan nasi warteg, jauuuuh! Tapi ga apa-apa, Alhamdulillah, yang penting perut kenyang, dan sekarang saatnya kembali ke hotel untuk check-in, lalu istirahat, kumpulin tenaga buat lanjutin malamnya jajan-jajan ke Chatuchak Weekend Market .

Cobain ke Chatuchak Weekend Market

Sekitar pukul 18.00, kami terbangun dari tidur siang kami yang tadi. Sepertinya kami lelah, tidur pun, pules banget. Sekarang, badan udah agak lebih segar lagi wkwk. Langsung, kami bersih-bersih kemudian rapih-rapih juga untuk bergegas ke Chatuchak Weekend Market. Perlu diketahui, Chatuchak Weekend Market hanya buka di waktu weekend aja! Awalnya, gue juga ga percaya, tapi ternyata memang begitu. Kebetulan, hari ini adalah hari Minggu. Eh, bukan kebetulan, sih, tapi sebelumnya emang udah gue jadwalin pada rundown yang udah gue buat wkwk.

Menuju Chatuchak Weekend Market, gue memilih menggunakan taksi argo. Untuk tarif sekali jalannya 100-120THB atau sekitar Rp. 45.000 - Rp. 55.000. Lumayan memang, mau gimana lagi, kan? Sesampainya. "Oh, ternyata seperti ini tempatnya", (Gue ngomong dalam hati). Persis seperti pasar malam wkwk. Cuss, langsung jajan, aaah.

Pedagang di sini beraneka macam, mulai dari pedagang kuliner, pakaian, pernak-pernik, aksesoris, dan lain-lain. Jajanan makanan di sini rata-rata di kisaran harga 20-50THB atau sekitar Rp. 10.000 - Rp. 25.000. Harga pakaian di sini juga terbilang murah, misalnya celana jeans yang hanya dibanderol di harga 300THB atau sekitar Rp. 130.000 aja, murah, kan? Untuk lebih melihat jelasnya selama penelusuran kami di sana, silahkan play video berikut. Klik aja, hehehe.

Kemudian kaki terasa pegal. Ga terasa, ternyata kami udah keliling selama berjam-jam di Chatuchak Weekend Market ini, pantesan aja. Kami hampir khilaf, terutama si pacar gue, kalo dia engga gue sadarin, bisa jadi, semua yang ada di sana diborong sama dia, wkwk. Untung, gue sigap. Hari pun sudah semakin larut malam. Mengingat besok pagi kami harus berangkat pagi-pagi ke tempat destinasi berikutnya, kami mengalah pada saat itu, dan lebih memilih kembali ke hotel untuk menyimpan separuh energi, energi untuk destinasi berikutnya, yang ga kalah seru, pasti seru dan menyenangkan.

Hari pertama ditutup

Awal yang baik buat kami, awal yang memang sesuai dengan plan seperti yang sudah gue buat dalam rundown, dan awal yang cukup berkesan, walau ini cuma singkat, singkat tapi punya cerita yang pernah terjadi di dalamnya. Hari pertama ini, sepertinya bisa gue tutup dengan tidur yang nyenyak, dan bermimpi. Besok, tinggal melanjutkan ke langkah berikutnya, ke tempat yang baru, dan semoga menyenangkan. Sampai tulisan ini selesai ditulis, cerita berikutnya sudah dituangkan pada tulisan selanjutnya, dituangkan pada tulisan Backpacker Murah ke Thailand : Hari Kedua Menuju Hua Hin dari Bangkok (Santorini Park & Camel Republic).