Bagaimana Cara Ke Nusa Penida One Day Trip ?

Bagaimana Cara Ke Nusa Penida One Day Trip ?
Kelingking Beach



Kenapa harus ke Bali lagi sih ?

Bali ? ga bosen emangnya kalo Bali lagi ? Tapi yang ini dijamin bakal ga bosen ! Gue bakal nemuin sesuatu yang baru dari Bali, di mana tiap spot-spot di sana bakal menghadirkan suasana dan view yang ga kalah bosen. Nusa Penida !!! itulah tujuan gue, yiha !


Di mana emangnya Nusa Penida ?

Sudah ada yang tahu kan Nusa Penida ? Sebenarnya ada beberapa pulau tetangga yang dekat dengan Bali. Ada 3 yang paling terkenal, lokasinya yang terletak sekitar 20 km jauhnya dari Bali ke selatan-timur yang dikenal salah satunya adalah pulau Nusa Penida ini. Secara administratif, pulau ini termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Klungkung, Selat Badung yang memisahkan antara pulau-pulau ini dan Bali. Look !


Bagaimana Cara Ke Nusa Penida One Day Trip ?
Peta Pulau Bali dan Nusa Penida




Awalnya...


Setelah hampir lebih dari 1 tahun ga berlibur ke Bali lagi, kayanya Bali itu udah membuat racun rindu banget, dibilang kangen ya kangen sih, kangen suasananya, kangen liburannya, yaa pokoknya tiap moment selama di Bali itu  pasti selalu manis dan ngangenin hehe.

Karena kangennya gue itu, sehingga keinginan gue untuk ke Bali terdorong lagi, emmmh tapi gue pengen nemuin sesuatu yang beda nantinya, terus gimana? Lalu gue coba mencari beberapa referensi mengenai tempat wisata terbaru di Bali, dan finally, gue memilih Nusa Penida !

Seperti biasa, gue merencanakan backpacker kali ini bersama pacar gue hehe. Gue sebenarnya tidak terlalu lama banget di Bali nanti, cuma 3-4 hari aja huhu. Karena waktu liburan yang singkat, makanya gue berencana ke Nusa Penida-nya cuma seharian (pagi-sore) aja alias tektok hihi. Nah, terus Bagaimana Cara Ke Nusa Penida One Day Trip ? Emangnya bisa ? bisa doong hehe.




Here we go ! 


Sabtu, 11 Maret 2017 adalah malam minggu pertama gue dan pacar gue di bandara hihi. Maklum, karena penerbangan gue pukul 17.55 WIB hehe. Perjalanan kurang lebih selama 1 jam 50 menit dari bandara Soekarno-Hatta menuju bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Setelah melewati perjalanan udara, pukul 20.45 WITA gue sudah tiba di Bali. Yuhuu Bali lagi, lagi, dan laaagii hahaha.


Bagaimana Cara Ke Nusa Penida One Day Trip ?
Menunggu Waktu Boarding


Ga lama setelah selesai ambil bagasi, gue langsung meluncur ke hotel yang udah gue pesen menggunakan sepeda motor sewaan hihi. Ga tau kenapa, setiap gue ke Bali, gue pasti selalu memilih menggunakan motor sewaan sebagai alat transportasi gue selama di Bali. Itu ga lain cuma karena gue suka banget sama angin di Bali haha. Angin liburan cyin haha.


Bagaimana Cara Ke Nusa Penida One Day Trip ?
Cozy Stay Hotel Bali


Berhubung rencana gue ke Nusa Penida-nya baru keesokan paginya, jadi malam ini gue masih punya beberapa jam untuk melepas kerinduan gue sama suasana malamnya Bali. Kangen ! hehe. Karena ga mau yang jauh-jauh, ya gue milih ke pantai Kuta aja, sambil ditemani oleh beberapa gelas kopi juga, hihi.

Bagaimana Cara Ke Nusa Penida One Day Trip ?
Malam Pertama di Bali



Minggu, 12 Maret 2017


*Suara alarm* tiba-tiba gue langsung kebangun saat itu juga dan gue panik banget,  karena alarm yang gue set pukul 05.30 WITA, eh ternyata malah molor menjadi pukul 06.00 WITA, pffft. Langsung mandi dan beberes sekilat mungkin, ga mikir panjang lebar lagi, haha. Jam 06.50 WITA gue langsung cuss ke pelabuhan Sanur. Jadi, jadwal keberangkatan pertama fast boat dari Sanur-Sampalan itu jam 07.30 WITA, nah berhubung gue rencananya mau one day trip, makanya gue harus mengejar jadwal keberangkatan yang pertama biar masih punya banyak waktu di sananya nanti. Alhamdulillah sebelum jam 07.30 WITA gue sudah sampai di Sanur, dan gue langsung ke loket agen fast boat Idola Express yang sudah gue booking sebelumnya.  Jadi, pas gue dateng tinggal langsung bayar aja deh tanpa harus antre beli lagi dan ga takut kehabisan seat hehe.


Bagaimana Cara Ke Nusa Penida One Day Trip ?




On The Way Sampalan Nusa Penida

Jam 07.30 WITA, si fast boat berangkat, yuhu !!! ini adalah pengalaman pertama gue naik fast boat loh ! hahaha norak. Gila, hampir ga ada space yang tersisa di boat ini, dalem hati gue "untung gue udah booking tiket duluan, selamet". Saking kebutnya fast boat ini *namanya juga fast boat*, lama perjalanan ga sampe 1 jam cyiin (45 menit) untuk tiba di Sampalan. 

Yeah, akhirnya kaki ini nyentuh juga di Nusa Penida (jam 08.15 WITA). Sayangnya, kita ga bisa bawa motor huhu, karena ga muat di fast boat-nya kalih hehe, kecuali kalian berangkatnya menggunakan ferry dari pelabuhan Padang Bai. Gue rencananya bakalan berkeliling seharian menggunakan motor, nah makanya gue sengaja sewa motor lagi khusus untuk yang di sini. Harga sewanya Rp. 70.000,-/24 jam. Hampir selama 45 menit gue nungguin si Bli penyewa motor dateng, akhirnya muncul juga dia. Anyway, gue cuma merencanakan berkunjung ke 3 spot yang menjadi unggulanya aja, yaitu Kelingking Beach, Angel's Billabong, dan Broken Beach 


Kelingking Beach

Untuk menuju ke lokasi ini dari pelabuhan Sampalan, cukup lumayan lama, hampir sekitar 1 jam, emmm cukup lama emang, karena lokasinya agak lumayan jauh dan sesekali terdapat kondisi jalan yang kurang bagus.


Bagaimana Cara Ke Nusa Penida One Day Trip ?
On The Way



Tapiiii... saat kalian tiba di Kelingking Beach ini, dijamin ga bakal nyesel, dan dijamin kalian bakal memaafkan kondisi jalan yang rusak tadi. Haha. Wonderful !



Bagaimana Cara Ke Nusa Penida One Day Trip ?

Bagaimana Cara Ke Nusa Penida One Day Trip ?

Bagaimana Cara Ke Nusa Penida One Day Trip ?

Bagaimana Cara Ke Nusa Penida One Day Trip ?


Setelah puas berfoto-foto, gue sempet mampir ke warung kecil milik nenek-nenek setempat untuk membeli minuman. Emmm, gue sempat ngobrol-ngobrol sedikit sambil bertanya-tanya tentang Nusa Penida ini, tapi gue ga begitu paham juga karena bahasa yang dia gunakan itu adalah bahasa daerahnya Bali haha.


Bagaimana Cara Ke Nusa Penida One Day Trip ?
Nenek Si Pemilik Warung


Ga lama setelah itu, gue langsung cuss ke spot lainnya, karena kondisi pada saat itu udah sedikit gerimis, makanya gue buru-buru hihi.



Broken Beach

Jalanan menuju ke spot ini ternyata lebih parah ketimbang jalanan yang sebelumnya. Kondisi jalan yang didominasi oleh bebatuan dan ditambah motor yang gue naikin ini berjenis matic pula, yang memiliki ban kecil, hufft harus makin sabar aja. Sekitar 30 menit, gue sampai di spot yang kedua ini. Yap, Broken Beach !!! Spot ini kalo menurut gue, keren dan unik banget, tapi panas banget cyiin hahaha.

Bagaimana Cara Ke Nusa Penida One Day Trip ?

Bagaimana Cara Ke Nusa Penida One Day Trip ?




Angel's Billabong

Tidak lama-lama gue di Broken Beach, gue lalu melanjutkan ke spot yang terakhir, yaitu Angel's Billabong. Nah, ternyata untuk menuju ke spot ini tinggal jalan terus mengikuti petunjuk yang ada aja, karena lokasinya ini berada setelah Broken Beach. Sesampainya gue di sana, cukup tertarik juga dengan spot yang ini, karena ternyata ini lebih unik loh ! hahaha. Kebetulan pada saat itu kondisi airnya sedang tidak pasang, jadinya, view bongkahan bebatuan karangnya masih terlihat jelas.


Bagaimana Cara Ke Nusa Penida One Day Trip ?

Bagaimana Cara Ke Nusa Penida One Day Trip ?

Bagaimana Cara Ke Nusa Penida One Day Trip ?


Ga berasa ternyata udah jam 13.00 WITA aja, dan gue ga bisa lama-lama lagi di sini karena jadwal fast boat kepulangan gue yang jam 15.00 WITA, huhu. Cuss balik ke Sampalan.



Go Back...

Jam 14.30 WITA, gue udah berada di pelabuhan Sampalan. Sambil menunggu selama 30 menit sebelum fast boat berangkat, gue mengembalikan motor yang gue sewa tadi. Jam 15.00 WITA, si fast boat mulai meninggalkan pelabuhan Sampalan. Bye Nusa Penidaaaaa, sampai ketemu di lain waktu, huhu.

Jam 16.00 WITA, fast boat udah sampe di pelabuhan Sanur dan gue langsung kembali ke hotel untuk bersih-bersih karena seharian udah ngebolang panas-panasan, sambil beristirahat sejenak juga sebelum berencana jalan-jalan keluar lagi, hihi.

Finally, rencana gue ke Nusa Penida dengan One Day Trip berjalanan lancar dan sesuai rencana, Alhamdulillah. Gue agak menyayangkan, sih, karena gue ga bisa berlama-lama di sana, ya tapi ga apa-apa, seharian pun gue masih tetep bisa nikmatin banget, hehe. Jadi, saran dari gue kalo kalian mempunyai cukup waktu yang banyak, alangkah baiknya mengambil trip selama 2-3 hari, tujuannya adalah supaya bisa menikmati ke banyak spot yang lainnya.


Bali menurut gue itu selalu menghadirkan cerita yang berbeda-beda di tiap kali gue bercengkrama dengannya, itulah yang membuat gue kadang suka kangen, dan setelah dari Nusa Penida ini gue masih punya beberapa hari untuk kangen-kangenan sama Bali, hahaha.

Cerita akan terus berlanjut buat para backpacker ! hehe. 😀




Perkiraan Budget :

Fast Boat (PP)                               Rp. 150.000 / Person
Sewa Motor Bali                             Rp. 60.000 / 24 Jam
Sewa Motor Nusa Penida                Rp. 75.000 / 24 Jam
Bensin Selama Di Nusa Penida       Rp. 15.000
Uang Retribusi Tempat Wisata        Rp. 10.000

Total :                                           Rp. 310.000,-



Comments

  1. Boleh minta no contact penyewaan motornya ga

    ReplyDelete
  2. Gan boking speedboatnya gmna caranya? Ada kontaknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Booking melalu telepon/SMS ke nomor 081808072488 (Idola Express) gan.

      Delete
    2. fast boat Idola kalau pagi berangkat pukul 8.15 wita dari dermaga Sanur. Jalan 4 kali dalam satu hari mas. salam semoga menyenangkan liburan one day trip nusa penida nyaya. Kami tunggu di pulau tercinta kami. Dijamin pasti menyenangkan dan bikin pengalaman baru yang tidak terlupakan.

      Terima kasih mas Adam. suskes selalu

      Delete
    3. Wah, infonya lengkap. Terima kasih juga sudah bantu menjawab.

      Delete
  3. Kalo dari bandara langsung ke sanur nya naik apa yah gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru respon.
      Waktu itu saya ke Sanurnya ga dari bandara, saya dari hotel ke Sanur pake motor sewaan saya yg selama di Bali. Jadi ketika sampai di Pelabuhan Sanur, motor saya parkir di parkiran motor umum.

      Delete
    2. Berapa menit naik motor dr kuta Gan ke Sanur?

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Perjalanan yang seru dan menyenangkan bisa menjadi backpacker. backpacker yang keren dan luar biasa. Tulisannya sangat bagus lengkap dengan foto yang berkualitas. Kami sangat menyukai tulisan Anda. Semoga semakin banyak tulisan tentang Nusa Penida, dan banyak lagi wisatawan yang ingin tour nusa penida dengan budget murah dan menyenangkan.
    salam dari Nusa Tour Adventure!

    ReplyDelete
  6. Terima kasih 😄 Pengalaman yg luar biasa bisa berkunjung ke sana. Semoga berkesempatan lagi.

    ReplyDelete

Post a Comment