Pulau Kenawa

Pulau Kenawa Si Mungil Cantik Dari Sumbawa Barat, itulah yang bisa gue gambarkan dari pulau Kenawa ini. Lokasinya yang berada di sisi barat dari pulau Sumbawa (sebelahnya pulau Lombok), menjadikan pulau ini sebagai pulau yang paling cantik dan salah satu destinasi favorit bagi para pengunjung yang sedang menikmati liburan di Lombok, karena lokasinya yang tidak begitu berjauhan. Gimana, keren kan?

Yeah, senang rasanya akhirnya gue bisa menyempatkan juga untuk menuliskan pengalaman backpacker gue saat mengunjungi Pulau Kenawa Si Mungil Cantik Dari Sumbawa Barat, yang bisa gue bilang ini sangat cool dan singkat huhu.

Sebelum merencanakan ke pulau Kenawa sebenarnya gue cuma berencana untuk backpacker-an di sekitaran Lombok aja, lalu ide dan keinginan gue untuk mengunjungi pulau Kenawa timbul saat gue berpikir, "akan terasa monoton kalo gue ga mencoba sesuatu yang baru selama gue di Lombok nanti", dan pada akhirnya gue tertarik untuk mengunjungi pulau tersebut dengan bertemakan camping cantik selama 1 malam. Ahay!!! Segala persiapan, kelengkapan camp, dan run down sudah gue siapkan, lalu sekarang tinggal menunggu hari keberangkatannya aja. Yeah!!!

Day 1 - September 10, 2016

Happy landing ! tepat pukul 07.10 WITA pesawat yang gue naikin dari Jakarta, akhirnya landing di bandara Lombok International Airport untuk kesekian kalinya, tapi dengan cerita yang berbeda hihi. Untuk cerita dan petualangan kali ini, gue akan ber-partner dengan pacar gue hihi. Sebenarnya bukan kali ini aja sih kita backpacker bareng, malah bisa dibilang hampir selalu bareng-bareng hehe. Oke, balik ke cerita lagi.

Bandara Lombok International Airport

Tidak lama setelah gue landing, gue langsung menghubungi si penyewa motor. Yap, motor yang gue sewa ini akan menjadi kendaraan yang akan mengantar sekaligus menemani perjalanan gue menuju pulau Kenawa dan untuk berkeliling di sekitaran Lombok juga nantinya.

Hampir sekitar 15 menit gue nunggu si penyewa motor itu, ga lama kemudian datang juga, dan ga mau berlama-lama gue langsung menuju hotel di Lombok yang sudah gue pesan sebelumnya, lalu setelah itu melanjutkan ke pelabuhan Kayangan Lombok. Kenapa gue ke hotel dulu? jadi, gue rencananya ke hotel itu cuma untuk menitipkan sebagian barang bawaan gue yang sekiranya tidak diperlukan untuk dibawa ke pulau Kenawa, dan gue reservasi hotelnya itu untuk keesokan harinya setelah kembali dari pulau Kenawa.

Oh iya sob, untuk bisa sampai ke pulau Kenawa, kita harus menuju pelabuhan Kayangan (berada di Lombok timur) terlebih dahulu, setelah itu dilanjutkan menggunakan kapal ferry menuju pelabuhan Poto Tano, dan setiba di pelabuhan Poto Tano gue akan diantar oleh kapal ojek yang  sudah gue contact sebelumnya. Pukul 09.00 WITA, semuanya sudah siap dan gue pun langsung meluncur ke pelabuhan Kayangan Lombok. Perjalanan dari bandara menuju pelabuhan Kayangan membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam.

Pulau Kenawa Si Mungil Cantik Dari Sumbawa Barat
Peta Jalur Lombok - Pulau Kenawa (source: https://www.google.com/earth/)

Finally, gue tiba di pelabuhan Kayangan (pelabuhan paling timurnya Lombok), dan gue langsung menitipkan (parkir) motor  di pelabuhan Kayangan ini (di kantor Dinas Perhubungan) untuk selama 1 hari, alasannya karena gue tidak membawa motor tersebut sampai ke lokasi tujuan. Tarif parkir motor sebesar Rp. 15.000,-/malam.

(Source: http://ohelterskelter.com/)

Kurang lebih saat itu menunjukan pukul 11.40 WITA, gue mau tidak mau harus menunggu jam keberangkatan kapal selanjutnya pukul 12.00 WITA, karena jadwal jam keberangkatan kapal di sana tiap 1 jam sekali. hemmmm. Sambil menunggu, gue membeli beberapa makanan dan minuman terlebih dahulu untuk bekal selama di perjalanan laut nanti. Perlu dicatat sob, harga tiket kapal (kelas ekonomi) untuk sekali jalan Rp. 20.000,-/orang (dewasa). Pukul 12.00 WITA, si kapal pun berangkat. yeah!

Di kapal yang gue naikin ini terdapat 3 lantai, lantai pertama untuk muatan kendaraan yang hendak melakukan penyebrangan juga, lalu lantai kedua dan ketiga sebagai tempat menunggu penumpang selama perjalanan. Oh iya, ternyata di kapal ini tersedia kantin kecil juga loh! hihi. Saat itu suasana di dalam kapal sangat membosankan (terasa mual juga sih hihi), lalu gue mencoba ke bagian dek luar, wohoho ternyata inilah view yang bikin mual gue menjadi hilang seketika haha. Aduh, kangen sih sebenernya sama moment kaya gini huhu. Jadi, perlu gue abadikan!

Saat di perjalanan

Ketika di perjalanan, gue bertemu dengan 3 pemuda yang kelihatannya sih mereka juga akan ke destinasi yang sama. Karena penasaran, gue coba tanya ke mereka, dan benar ternyata mereka juga akan ke destinasi yang sama kaya gue, lalu langsung terlintas di pikiran gue untuk menawarkan share cost biaya sewa kapal ojeknya (Poto Tano-Pulau Kenawa), tujuannya agar lebih murah sih hihi, Alhamdulillah mereka mengiyakan. Ga terasa 2 jam lebih sudah berlalu dan kapal pun langsung berlabuh cantik di pelabuhan Poto Tano, sekaligus ini adalah tapakan pertama kami di pulau Sumbawa. Awesome!

Kapal sebelum berlabuh

Di samping itu, gue langsung menghubungi si  pemilik kapal kecil (ojek kapal) yang akan membawa gue ke pulau yang sudah gue tunggu-tunggu ini. 10 menit kemudian beliau datang dan langsung mengantarkan kami.Cuss !!!

On the way pulau kenawa

Hampir sekitar 15 menit-an lama perjalanan menuju pulau Kenawa, lalu kemudian di depan mata gue tampak begitu jelas sesuatu yang sangat cantik banget sob ! keindahan pantai dan laut sejauh mata memandang. OMG !

Sesaat sebelum tiba

Pijakan pertama di pulau Kenawa

Tidak berlama-lama pas gue tiba, gue langsung segera membuka tenda. Sempat kesulitan merakit tenda, karena angin di sini kenceng banget sob. Setelah selesai mendirikan tenda, kami langsung hunting foto sambil menikmati cantiknya pulau Kenawa ini, dan sampai akhirnya matahari pun mulai terbenam.

Anginnya kenceng banget !

Awesome !

Dermaga di pulau Kenawa

Matahari yang terik

Padang savana

Sunset

Sebelum matahari terbenam

Pulau Kenawa Si Mungil Cantik Dari Sumbawa Barat
View dari atas bukit di pulau Kenawa

Saat malam harinya, suasana di sini terasa sangat sunyi dan tenang banget. Kami menikmatinya dengan melakukan makan malem bareng sambil memandangi keindahan bintang-bintang. Unch, cakep banget !

First night pulau Kenawa

Malam yang indah

Day 2 - September 11, 2016

Pada pukul 05.30 WITA gue terbangun. Pagi itu adalah pagi pertama gue di pulau Kenawa. Saat gue keluar tenda, gue langsung disapa oleh matahari terbit dan hembusan angin yang sampe sekarang masih belum gue lupain hihi.

Sunrise pertama di pulau Kenawa

Beautiful sunrise

Best part

Pulau yang indah

Matahari yang menghangatkan hari

Saking enjoy-nya gue di pulau ini, sampe ga berasa sudah mendekati waktu pulang huhu. Pukul 11.00 WITA, mau ga mau gue harus kembali ke Poto Tano, lalu kapal ojek pun akhirnya datang untuk menjemput gue.

Detik-detik meninggalkan pulau Kenawa

Biaya sewa kapal ojek pulang-pergi Rp. 250.000,-/1 kapal (5 orang). Jadwal kapal untuk kepulangan gue (Poto Tano-Kayangan) pukul 12.00 WITA. Kami pun meninggalkan pelabuhan Poto Tano huhu.

Pukul 14.00 WITA, kapal kepulangan gue berlabuh di pelabuhan Kayangan. Lalu gue melanjutkan perjalanan pulang ke Lombok Praya dari pelabuhan Kayangan menggunakan motor yang sebelumnya gue parkir selama 1 malam.

Bisa dibilang kunjungan gue di pulau Kenawa ini singkat banget, tapi gue ga nyesel karena dengan waktu yang singkat pun gue tetep bisa ngedapetin banyak hal yang indah banget. Mulai dari pantainya, lautnya, bukitnya, rerumputannya, dan mataharinya. Jadi, buat kalian yang sedang berlibur di Lombok, bakal nyesel banget kalo ga sempetin mampir ke Kenawa ini !!!

Daaaan berikutnya adalah Lombok !!! gue akan melanjutkan perjalanan berikutnya, yeah !!!

Salam Backpacker-Kere !!!

===== Budget =====

*Biaya di atas belum termasuk untuk biaya makan dan biaya tidak terduga lainnya (update 2016)